Waspada Jebakan 'Siapa yang Mengintip Facebook Kamu'

post-feature-image

Layarinfo-Pengguna media sosial Facebook pasti pernah menemukan postingan berbunyi, "Ingin tahu siapa yang mengintip Facebook kamu...?" Waspadalah jika mendapati postingan seperti ini karena bisa jadi merupakan spambot yang menggunakan situs Siapalihat.com.

Siapalihat.com menggunakan teknik lama yang mengeksploitasi kelemahan dalam aplikasi Facebook. Salah satu aplikasi yang sering dieksploitasi adalah HTC Sense.

Sebenarnya Facebook sudah mempersulit pengembang aplikasi ini untuk membajak akun Facebook korbannya dengan memberikan syarat pada pengguna untuk secara sadar memberikan persetujuan kepada aplikasi sebelum melakukan posting.

Segala macam peringatan juga sudah dimunculkan Facebook sebelum memberikan hak posting kepada aplikasi tersebut.

Bagaimana Caranya Bekerja
Namun sayangnya, spambot tersebut kini justru semakin banyak bermunculan. Saat ini banyak beredar postingan di status akun Facebook yang menuliskan kalimat siapa saja yang bisa melihat Facebook miliknya dan tidak lupa disertakan nama-namanya.

Menurut Alfons Tanujaya dari Vaksin.com, sebenarnya itu langsung diambil dari friend list akun korban yang diklaim mengintip akun Facebook. Dengan begitu, korban lainnya percaya dan mengikuti apa yang diperintahkan oleh situs Siapalihat.com.

Sekali korbannya mengklik tautan yang diberikan, maka proses rekayasa sosial dimulai.

Lalu bagaimana cara mencegahnya? Alfons menjelaskan, spambot ini bisa ditangkal dengan...

Ini Cara Menangkalnya
 Nah, Anda yang sudah terlanjur terjebak spambot ini, tak bisa menghilangkannya hanya dengan mengganti password saja. Namun harus menghapus aplikasi HTC Sense. Bagaimana caranya?

Dilansir dari Vaksin.com, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka peramban dan login ke akun Facebook Anda

2. Buka alamat situs https://www.facebook.com/settings?tab=applications

3. Arahkan mouse ke HTC Snese dan klik (X) untuk menghapus aplikasi ini. Kemudian Anda akan mendapatkan konfirmasi

4. Kemudian pilih tanda centang saat muncul konfirmasi "Delete all your HTC Sense activities including posts, photos and videos on Facebook. This may take few minutes" dan klik (Remove) untuk menghapus aplikasi HTC Sense serta membebaskan Anda dari spambot ini.

5. Kunjungi wall seluruh teman Anda dan hapus satu per satu posting yang dilakukan bot dan informasikan bagaimana cara menghapusnya pada teman-teman lain yang juga terinfeksi.

6. Jika menemukan posting bot semacam ini lagi segera hapus dan informasikan kepada teman-teman Anda supaya tak tertipu.


Share informasi penting untuk keamanan akun facebook anda!

(vaksin)
loading...

Hobi Nonton Bioskop Drama Korea dan Genre Lainya Cek Disini
Cinema313

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada Jebakan 'Siapa yang Mengintip Facebook Kamu'"

Posting Komentar