Hati-hati Cukur Rambut Kemaluan, Bisa Begini Akibatnya

Hat-hati Cukur Rambut Kemaluan, Bisa Begini Akibatnya
Seorang ibu dari tiga anak hampir kehilangan kakinya karena infeksi mematikan yang dia dapatkan karena mencukur. Dana Sedgewick (44) dari Sheffield, memangkas area kemaluannya dengan pisau cukur baru namun akhirnya memotong titik di selangkangannya.

Tubuhnya hampir segera tersengal-sengal, menyebabkan ruam merah di kakinya sebelum mereka menjadi hitam karena nekrosis fasciitis yakni infeksi pemakan daging.

Dengan terburu-buru di pergi ke dokter untuk memperoleh perawatan intensif, dokter-dokter melakukan operasi mengeluarkan sebanyak mungkin kulit yang membusuk, tapi dia menderita sepsis selama prosedur berlangsung.

Dia mengalami koma dan keluarganya diberi tahu bahwa dia hanya memiliki kesempatan 30 persen untuk bertahan hidup karena ginjalnya gagal dan jantungnya berhenti empat kali.

Setelah berhasil bertahan dalam siksaan mengerikan tersebut, dia menjalani 21 operasi untuk memperbaiki kerusakan pada kulitnya, namun dokter memperingatkan bahwa dia tidak akan pernah berjalan lagi.

Tapi dengan dukungan suaminya, Mathew (47) sekarang dia sudah pulih dan bisa berjalan menggunakan tongkat dan kembali ke rumah bersama anak-anaknya, Megan (18), Freya (14) dan Klara (9).

“Seperti banyak wanita, saya mencoba menyimpan bulu kemaluan yang rapi dari garis bikini. Jadi saya cepat memangkas dengan pisau cukur baru. Tapi selama akhir pekan, saya merasa tidak sehat dan melihat sedikit jerawat di pangkal paha saya yang terus berdarah. Saya tidak memikirkannya karena saya sering mengalami ruam karena bercukur. Sedikit yang saya tahu bahwa jerawat mungil ini hampir mengorbankan hidup saya,” kata Sedgewick, seperti dilansir dari laman Daily Mail, Rabu (26/4/2017).

Cobaan berat Nyonya Sedgewick dimulai pada Mei 2012. Dua hari setelah dia bercukur, dia mulai mengalami pusing dan mual dan dia mengkonsumsi resep antibiotik untuk melawan infeksi yang dicurigai. Belakangan hari itu, anak perempuan tertuanya, Megan menemukannya terbaring di tempat tidur, dengan kakinya tertutup ruam merah berdarah.

Suaminya akhirnya memutuskan istrinya untuk dibawa ke rumah sakit dan dia dilarikan ke unit trauma di Northern General Hospital di Sheffield, di mana dokter mendiagnosisnya dengan fasciitis nekrosis. Kondisi tersebut menyebabkan bakteri melepaskan racun yang menyerang jaringan lunak sekitarnya, dan bisa disebabkan oleh luka ringan atau goresan.

"Pada saat saya sampai di rumah sakit, kaki saya tertutup kulit hitam dan membusuk,” kata Sedgewick.

Selama sepuluh jam berikutnya, ahli bedah berjuang untuk menyelamatkan kakinya. Dengan memotong tujuh inci kulit yang terinfeksi, mereka mengeluarkan daging yang sakit dan menutup kembali luka dengan kulit dari punggungnya.

Selama operasi, dia mengembangkan sepsis dan memiliki kesempatan kecil untuk bertahan hidup setelah mengalami syok septik. Serangan 'silent killer' saat infeksi seperti keracunan darah memicu reaksi kekebalan tubuh, dimana tubuh menyerang organ tubuhnya sendiri.

Untuk meningkatkan peluangnya bertahan hidup, dokter memutuskan untuk memasukkannya ke dalam kondisi koma selama sembilan hari.

“Ketika saya terbangun, kaki saya ditutupi perban dan saya tidak tahu apa yang telah terjadi. Kupikir aku pernah mengalami kecelakaan mobil. Tapi ketika dokter bedah bertanya apakah saya ingat mencukur, saya tiba-tiba teringat. Dia mengatakan kepada saya bahwa titik di selangkangan saya telah terinfeksi, dan saya sangat beruntung bisa bertahan hidup,” tutur Sedgewick.

Nyonya Sedgewick dipindahkan ke unit luka bakar rumah sakit untuk perawatan spesialis, dan bisa melihat kakinya untuk pertama kalinya. "Itu mengerikan. Seluruh otot saya membusuk, dan saya memiliki kawah kulit di dekat pangkal paha saya. Aku merasa seperti akan muntah. Tapi aku tahu itu bisa jadi jauh, jauh lebih buruk. Saya bisa dengan mudah kehilangan kaki saya, atau lebih buruk lagi, meninggal dunia.”

Dokter memperingatkan bahwa dia tidak akan pernah berjalan lagi tapi dia menantang mereka dan berhasil berjalan dengan tongkat, setelah menjalani fisioterapi yang hebat.

Enam minggu kemudian, dia dipulangkan dari rumah sakit. Selama empat tahun berikutnya, dia menjalani 21 operasi untuk memperbaiki penampilan kulitnya.

"Tubuh saya tidak lagi terasa seperti tubuh saya sendiri. Tapi dengan dukungan Mat, saya tumbuh untuk melihat bekas luka itu sebagai pengingat betapa beraninya saya, dan betapa beruntungnya saya untuk bertahan hidup. Luar biasa membayangkan tempat bercukur kecil bisa saja membunuhku. Aku sangat mencukurnya,” ujar Nyonya Sedgewick.

Dr Ron Daniels BEM, chief executive dari Inggris Sepsis Trust, mengatakan luka itu menggambarkan kerusakan sepsis yang serius. Setiap hari di Inggris, individu dan keluarga memiliki kehidupan mereka terkoyak oleh penyakit tersebut.

"Tapi melalui kesadaran yang lebih baik, ribuan nyawa bisa diselamatkan setiap tahunnya,” kata Dr Daniels.

Sementara fasciitis necrotising adalah penyebab sepsis yang langka, sangat penting bahwa anggota profesional kesehatan masyarakat dan perawatan umum mempertimbangkannya saat menerima pasien yang tidak sehat.

“Siapa pun yang memiliki gejala seperti flu dan satu atau lebih tanda kunci sepsis harus segera menghubungi ambulans. Dengan setiap jam yang berlalu sebelum antibiotik yang benar diberikan, risiko kematian meningkat,” tukas Dr Daniels.
loading...

Hobi Nonton Bioskop Drama Korea dan Genre Lainya Cek Disini
Cinema313

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-hati Cukur Rambut Kemaluan, Bisa Begini Akibatnya"

Posting Komentar