Ternyata 3 Negara Ini Pernah Dijajah Oleh Negara Indonesia

Persejarahan Indonesia saat ini selalu membicarakan tentang bagaimana Indonesia di jajah Belanda, Portugis hingga Jepang. Tapi, pada tau gak sih kalau Indonesia juga pernah menjajah 3 Negara ini? Percaya gak percaya, tapi memang seperti itulah faktanya. Berikut ini adalah 3 negara yang pernah merasakan dijajah oleh Indonesia yang sumbernya mimin rangkum dari berbagai sumber.

 1. Timor Leste.
Operasi Seroja adalah sandi untuk invasi Indonesia ke Timor Timur yang terjadi pada tanggal 7 Desember 1975. Pihak Indonesia menyerbu Timor Timur karena adanya desakan Amerika Serikat dan Australia yang menginginkan agar Fretilin yang berpaham komunisme tidak berkuasa di Timor Timur. Selain itu juga, serbuan Indonesia ke Timor Timur, juga karena adanya kehendak dari sebagian rakyat Timor Timur yang ingin bersatu dengan Indonesia atas alasan etnik dan sejarah.



2. Malaysia.
Pada 20 Januari 1963, Menteri Luar Negeri Indonesia yang saat itu dijabat oleh Soebandrio mengumumkan bahwa Indonesia mengambil sikap bermusuhan terhadap Malaysia. Pada 12 April, sukarelawan Indonesia mulai memasuki Sarawak dan Sabah untuk menyebar propaganda dan melaksanakan penyerangan dan sabotase. Tanggal 3 Mei 1963 di sebuah rapat raksasa yang digelar di Jakarta, Presiden Sukarno mengumumkan perintah Dwi Komando Rakyat (Dwikora) yang isinya: Pertinggi ketahanan revolusi Indonesia, bantu perjuangan revolusioner rakyat Malaya, Singapura, Sarawak dan Sabah, untuk menghancurkan Malaysia.



3. Indochina.
Kekuasaan Indochina terletak di 3 negara bagian yaitu Kamboja, Vietnam dan Thailand. Dari catatan sejarah dan bukti arkeologi, pada abad ke-9 Sriwijaya telah melakukan invasi dan kolonisasi di hampir seluruh kerajaan-kerajaan Asia Tenggara, antara lain: Sumatera, Jawa, Semenanjung Malaya, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Filipina. Dominasi atas Selat Malaka dan Selat Sunda, menjadikan Sriwijaya sebagai pengendali rute perdagangan rempah dan perdagangan lokal yang menerapkan pajak bagi setiap kapal yang lewat. Sriwijaya mengakumulasi kekayaannya sebagai pelabuhan dan gudang perdagangan yang melayani pasar Tiongkok, dan India.



Seperti ungkapan Bung Karno yang sangat terkenal, jasmerah atau jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Dari sejarah kita dapat berkaca dan belajar untuk menyongsong masa depan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan teman-teman..
loading...

Hobi Nonton Bioskop Drama Korea dan Genre Lainya Cek Disini
Cinema313

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata 3 Negara Ini Pernah Dijajah Oleh Negara Indonesia"

Posting Komentar