7 HAL YANG HARUS KAMU TAHU TENTANG GUNUNG SALAK


"Gunung yang tepat akan mendatangi pendaki yang telah siap."

Kata-kata itu terngiang dalam otak gua saat berkali-kali berencana mendaki Gunung Salak. Berkali-kali juga gagal. Bahkan pernah punya rencana jauh-jauh hari banget, kayaknya udah fix banget bakal jalan, eh gagal juga. Rasa hati pasti kesal campur aduk.

Tapi, apa daya, denger kata Gunung Salak aja udah pada jiper, yekan.

Gunung Salak adalah gunung yang luar biasa penuh mistis yang super kuat. Banyak banget cerita mistis berseliweran soal Gunung Salak ini. You know lah, semacam, Gunung Halimun-Salak itu kan dulunya kerajaan setan Siliwangi, di Gunung Salak itu suka banyak yang tiba-tiba hilang pas ketemu tau-tau jadi mayat.

Terlebih lagi pas tragedi pesawat Sukhoi menabrak Gunung Salak. Makin banyak kejadian mistis yang diklaim banyak orang. Contohnya, ada beberapa pendaki yang mengaku ketemu pramugari cantik di perjalanan, padahal siang-siang, eh pas diliat lagi, pramugarinya tembus pandang dan gak punya kaki.

Serem bukan?

Ya, sebiasa-biasanya orang yang bisa liat 'begituan' kalo diceritain hal macam ini, males juga kali, Mendingan bobo cantik di rumah, terus dengerin aja cerita-cerita dari orang-orang yang udah pernah ke Gunung Salak.

Tapi akhirnya, gua dikasih kesempatan sama yang punya hidup, buat menyambangi Gunung Salak dan merasakan secara langsung apa yang sebenarnya ada di Gunung Salak. Gua jadi bisa ngebagi cerita gua tentang gunung Salak. So, langsung aja, inilah 7 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Gunung Salak versi Jalan Pendaki ala Acen:



1. Punya Dua Puncak 
Gunung Salak memang terkenal sama kedua puncaknya. Jalurnya juga. Puncak 1 Gunung Salak punya ketinggian 2.211 Mdpl. Jalur menuju Puncak Salak 1 juga dikenal lebih gampang ketimbang Puncak Salak 2 yang punya ketinggian 2.180 Mdpl. Dibandingkan Puncak Salak 1 atau yang biasa disebut dengan Puncak Manik, Puncak Salak 2 ini juga kurang populer dan kurang serem.

Kurang serem?

Iya, gua gak paham sih, tapi banyak pendaki yang justru tertarik mendaki Gunung Salak itu kepengen ngeliat makam Mbah Salak yang ada di atas Puncak Manik. Selain itu, entah kenapa juga banyak yang kepengen merasakan sensasi seremnya ini gunung. Padahal yah..... males banget gitu ketemu sama makhluk yang lembut-lembut...

2. Trek Biasa Aja
Satu lagi dari mayor... eh gak jadi, kan gua gak diendorse sama mayora. Tetep keceplosan.

Satu lagi yang sering dikumandangkan,

((DIKUMANDANGKAN))

Ajan kali ah berkumandang. 

Satu lagi yang sering digembor-gemborkan orang-orang, kalau gunung Salak ini treknya masih rapet, terus berat banget, dan lain sebagainya yang bikin nyali ciut. Tapi pas gua ke sana.... Treknya biasa aja tuh.

Biasa pertama,
Dimulai dari basecamp yang nun jauh dari pos pertama mendaki, kita bakalan melintasi aspal panas di bawah terik sinar mentari yang dapat memanggang hati yang sedang panas terbakar api cemburu. Halah. Dari pos pendakian sampai ke pos pertama mendaki kira-kira bakal menghabiskan waktu setengah jam, itu pun kalo gak diselingi ngeluh. Biasa banget kan?

Biasa kedua,
Dari pos pertama pendakian, kita akan langsung disambut dengan trek bebatuan yang vertikal diselingi sedikit bonus. Gitu terus sampai agumon berubah jadi wargreymon. Panjang, lama, dan melelahkan. Belum lagi kalo ketemu batu yang licin dan rawan bikin kepleset. Biasa aja kan?

Biasa ketiga,
Bebatuan tadi itu baru pemanasan. Trek yang segitu itu belum ada apa-apanya sama trek yang sebenernya. Jadi, ketika kita bertahan hidup menyelesaikan trek bebatuan yang sudah banyak menggugurkan pasangan cabe dan terong yang hendak menuju Kawah Ratu, kita akan sampai pada pertigaan yang disebut dengan persimpangan BAJURI. Jangan ngarep, gak ada bajay di sini.

...duh ketauan tuanya deh.

Nah, dari persimpangan Bajuri, barulah, petualangan pendakian gunung salak dengan trek sejati dimulai...



3. Trek Hutan
Nah, petualangan baru saja dimulai.

Sudah baca cerita soal Gunung Rakutak?

Kurang lebih trek pendakian Gunung Salak mirip-mirip gunung Rakutak. Trek tanah liat. Berakar besar-besar. Gelap dan penuh misteri. Kayak isi hatinya si gebetan. Meskipun jauh dari kata-kata banyak pendaki lain kalau treknya gunung Salak rapet banget, tapi tetep aja trek hutannya gunung Salak lumayan bikin merinding. Selain lumayan rapet, lumayan gelap, jalurnya juga lumayan bikin terengah-engah. Tapi gak sampai bikin mengerang-erang. 

....itu trek hutan apa lagi anuan*...

*anuan boleh diganti dengan mobil-mobilan yang bersuara mengerang.

Menghadapi trek hutan di gunung Salak ini harus ekstra sabar. Selain terkadang medannya astaghfirullah, bikin dengkul ketemu mata, juga gak banyak available lapak yang bisa dipake buat bikin tenda kalau kemaleman. Jadi mau gak mau ya bergerak terus sampai minimal mencapai puncak bayangan.

Begitu pun gua yang dari jalan semangat, sampe ngebalap 3 kelompok pendaki yang lagi pada tepar keleleran kecapean, terus jalan selambat siput, sampai pelan-pelan sudah mulai zombiefikasi. Jalan sambil menyesali kenapa mau-maunya gua naik gunung sialan ini. 

Begitu sampai di sebuah pohon besar, pas gua melirik belakangnya, ternyata ada tanjakan yang lagi-lagi dengkul ketemu jidat, gua pertamanya cuma ketawa satir, trus tau-tau teriak:

HAAAARRRRGGHHH AKU TSAPEUKKKK!!

"Tenang, bang, puncak bayangan sedikit lagi kok. Ada di HM 45...." kata dedek-dedek gemes yang lagi duduk.

Sambil melirik tiang HM yang tersembul di palik pohon, gue mengelus pantat,...

".....masih HM 23...."

Lalu pingsan.

4. Puncak Bayangan 
Jangan sedih, bukan cuma gebetan yang selalu membayangi kamu kemana pun kamu pergi, tapi hampir setiap gunung punya puncak bayangan. Kehadiran puncak bayangan ini kadang membuat kita sedikit senang karena artinya, puncak yang sebenarnya udah dekat dari pelupuk mata. 

Namun, so pasti masih jauh banget dari jangkauan kaki yang sudah 7L: letih letoy lemes lo lagi lo lagi.

Tapi paling gak, puncak bayangan ini bisa dijadikan pelabuhan buat kamu-kamu yang udah gak sanggup lagi menjalin cinta, nganu, maksudnya udah gak sanggup lagi mendaki. Lapak yang ada di puncak bayangan menurut gua masih cukup buat empat sampai lima tenda berdiri tegak. Lokasinya juga lumayan datar dan terlindung dari angin-angin masa lalu yang terus mendera.

....tapi, karena bisa dibilang masih di dalem hutan, ya siap-siap aja kalo tau-tau tengah malem ada yang nyanyi-nyanyi sendiri.



5. Makam Mbah Salak
PUNCAK!!!!!

Akhirnya sampai juga di Puncak Salak 1: Puncak Manik. Seriously, dari puncak bayangan menuju Puncak Manik bener-bener perjuangan tanpa henti. Sebagai pendaki yang sudah proses zombiefikasi, artinya manjat sambil sempoyongan itu juara banget bisa sampe puncak.

Yang perlu diperhatikan adalah, sepanjang perjalanan menuju Puncak Manik dari puncak bayangan, kita bakal nemuin banyak banget webbing alias tali temali yang akan membantu kita manjat, mengingat jalurnya lumayan ekstrim. Meskipun pada akhirnya, gua baru sadar, webbing ini gak terlalu berguna buat manjat mengingat banyak batu dan akar-akar yang bisa diraih. Apalagi kalo manjat bareng orang yang lo suka, lokasi ini pas banget buat modus ngasih uluran tangan. Webbing-webbing ini, nantinya akan sangat berguna di perjalanan turun. Percayalah.

Satu hal yang bisa dibilang paling ikonik dari gunung Salak adalah Makam Mbah Salak.

Yes, itu makam yang gua fotoin adalah makam Mbah Salak. Yang katanya penguasa gunung Salak atau apalah apalah. Jadi jangan heran kalau banyak warga lokal juga berziarah kemari. Padahal kata Fajril, temen sependakian gua kemarin, kalau makam Mbah Salak ini cuma sekedar makam, tanpa jasad yang tertanam.

Jadi kayak cuma makam kosong buat ziarah aja gitu.

....Tapi tetep aja yes serem.

6. Malam Yang Berbintang
Bukan bermaksud menakuti,

Tapi Gunung Salak itu banyak lelembutnya itu gak salah. Ya emang di semua gunung itu pasti banyak begituannya sih kayak yang udah pernah gua tulis di Pertanyaan Paling Sering. Jadi jangan kaget kalo tengah malem suka ada suara-suara apalah-apalah, terus bikin gak bisa tidur lagi. Karena you know lah, sekali kebangun, pasti kuping kita entah mengapa bakal jadi lebih sensitif sama suara-suara. Belum lagi kalau rasa takut udah menjalar kemana-mana. Yang jadi kebelet pipis lah, kebelet boker lah, laper lah. Dan ingat, belakang tenda adalah makam Mbah Salak......

Karena itu sudah menimpa gua, jadi gua harap gak menimpa kalian ya.. Hihihihi.... *ketawa setan

Beklah, karena gua gak bisa tidur lagi, gua malah akhirnya ngebangunin si Fajril dengan modus ngajakin pipis bareng. Padahal mah gua gak mau ngadepin Mr. Poci sendirian wikikikiki. Tapi pas keluar tenda.....

"JRIL! Bintangnya bagus banget!"

....entah kenapa gua malah jadi terdengar modusin Fajril. Damn. Bye.

Lalu gua mengambil kamera dan.... Ini oleh-oleh buat kalian....

maksud hati bikin startrail, apa daya malah jadi kayak ketombe

7. Sunrise Di Ujung Timur

3.20am

PRET. 

Pantat gua bergetar lembut meloloskan udara yang lama tertahan di dalam perut.

"Eh Jril, lo denger alunan merdu suara tadi gak?"

"Apaan, bang?"

"Eh, gak kedengeran??"

"ANJIR! Lu kentut ya???"

"Eh gak bau tau..."

"Eh iya, kok gak bau...."

Sesaat kemudian. Keheningan malam menguasai lagi. Lalu.....

"Bangsat babang! BAUUUU..."

"Eh iya baunya delay, mungkin efek minum teh susu tadi. Wkwk."

"BANGKE BABANG KENTUT LO MEMBUNUH!"

"Kentut di pegunungan emang beda yah, baunya.... Kayak ada tai tainya gituh...."

"Ler!"

"Wkwk"

***

Dua hal yang bikin gua pengen menampar Fajril sekaligus jorokin dari puncak Salak adalah: kentutnya yang (juga) nyerempet tai, sekaligus omongannya dia yang bilang: 

"ah, di Salak gak ada apa-apa bang. Pemandangannya gak bagus, gak perlu bawa tripod."

Seriusan. Bintang langit malam pas di Salak keterlaluan bagusnya, dan berkat gak bawa tripod, gua motret seadanya pake diganjel ini itu. Dari ekspektasi pengen bikin foto ala-ala star trail, malah jadinya kayak ketombe di rambut hitam berkilau sanslik. Kan bete. 

Untunglah, gua berhasil balas dendam dengan membuatnya mual karena kentut gua. Muahahahaa.

Tapi sehabis foto-foto bintang, ternyata gua gak bisa tidur lagi, dan sekejap saja malam sudah berganti pagi. Dan lagi, yang jauh dari ekspektasi soal Gunung Salak, ternyata, Gunung Salak punya Sunrise seindah ini~




Segitu aja dulu reportase soal Gunung Salaknya. Kalau kebanyakan ntar gua keabisan bahan tulisan buat buku ahahaha. So, kalau berguna informasinya, silahkan di share ke temen-temennya. Kalau gak berguna, masa sih gak berguna, ah yang bener aja? *lhokokmaksa


Seperti biasa,

Take nothing but pictures.
Leave nothing but footprints.
Kill nothing but time.

Be a good pendaki kekinian. Happy mountaineering!




Sumber : Jalanpendaki
loading...

Hobi Nonton Bioskop Drama Korea dan Genre Lainya Cek Disini
Cinema313

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 HAL YANG HARUS KAMU TAHU TENTANG GUNUNG SALAK"

Posting Komentar