Pejuangan Ibu Ini Sangat Luar Biasa!!!

Ilustrasi (foto Antara)


Perahu kayu itu membawa Nadira (35) seorang ibu hamil yang hendak melahirkan. Setelah menempuh mengarungi laut selama lima jam lebih dari Pulau Raas, perempuan asal Dusun Embung Barat, Desa Brakas, Kecamatan Raas, Sumenep, Madura, Jawa Timur tiba di Pelabuhan Dungkek, Sumenep.

Ironinya, setiba di pelabuhan, Nadira tak dijemput dengan ambulan. Ia hanya dibawa dengan mobil angkutan umum yang sangat tidak layak banginya, sebab bisa membahayakan nyawanya dan janin yang dikandungnya.
Namun, tak ada pilihan lain. Ia harus segera sampai ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumenep untuk proses persalinan.

Begitulah penderitaan warga kepulauan di Sumenep yang sekakan tidak pernah ada habisnya. Dikarenakan layanan sekaligus sarana dan prasarana umum tidak memamadai, warga butuh penanganan medis seperti Nadira, tak hanya harus merasakan sakit karena hendak melahirkan, tapi juga harus bertaruh nyawa di tengah laut untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Fauzi Muhfa, seorang kerabat Nadira mengaku sangat prihatin dengan kondisi seperti ini. Ia mengakui bahwa kondisi itu sudah lazim dialami warga kepulauan di sana.

“Ini ibu mau melahirkan dan harus dilakukan operasi. Di sana kan sarananya tidak memadai, jadi harus rujuk ke rumah sakit. Di sana dirawat dua hari di puskesmas,” kata Maysarah, penghuni rumah apung takat lanjang, Jumat (13/5/2016).

Beruntung, setibanya di RSUD Sumenep, Nadira langsung mendapat tindakan medis.
Nadira merupakan satu dari ribuan warga pulau di Sumenep yang nyaris tidak mendapatkan layanan kesehatan selayaknya. Hal ini tentu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah untuk menyediakan layanan umum bagi warga kepulauan dan daratan.




sumber : okezone.com
loading...

Hobi Nonton Bioskop Drama Korea dan Genre Lainya Cek Disini
Cinema313

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pejuangan Ibu Ini Sangat Luar Biasa!!! "

Posting Komentar